Ticker

6/recent/ticker-posts

Apakah BiP Lebih Aman Daripada Whatsapp?

 

Apakah BiP Lebih Aman daripada Whatsapp?

www.toekang.web.id - Akhir-akhir ini kita dikejutkan dengan kebijakan privasi terbaru dari Whatsapp, sehingga banyak protes terhadap kebijakan tersebut. Telegram mendapat imbas dari kebijakan privasi tersebut dengan mengklaim bahwa bertambahnya sekitar 25jt user baru sehingga pengguna Telegram tembus sampai 500jt. Bahkan ada pendatang baru yaitu BiP yang sampai detik ini sudah didownload sekitar 50jt lebih di Google Play. Banyak dari kawan-kawan yang mengajak bermigrasi menggunakan Telegram, dan tak sedikit pula yang mengajak bermigrasi ke BiP Messaging.

Migrasi dari Whatsapp ke aplikasi messaging lainnya adalah akibat dari Kebijakan Privasi Whatsapp sendiri. Lalu pertanyaan yang timbul adalah apakah Telegram dan BiP lebih aman? Diartikel ini mimin akan membahas tentang Kebijakan Privasi BiP sebagai aplikasi messaging pendatang baru. Kita akan bahas inti dari Kebijakan Privasi BiP langsung dari website resmi BiP, mimin capture langsung dari website Bip agar tidak ada dusta diantara kita. Yuk langsung kita gass..

Pemberitahuan Privasi BiP

 

 1). Siapa Kita


 Garis Bawah : 

1. BiP bekerja dibawah ketentuan Undang-Undang No. 6698 tentang Perlindungan Data Pribadi, Perlindungan Data Umum (UE) 2016/679 tanggal 27 April 2016.

2. Kebijakan Privasi ini ("Kebijakan") mengatur cara di mana informasi ("Data Pribadi") yang membuat identitas Anda spesifik atau dapat diidentifikasi ("Anda", "Anda" atau "milik pengguna") dapat dikumpulkan, digunakan, dan DIBAGIKAN.

Poin : BiP bekerja dibawah Undang-Undang yang berlaku, dan BiP mengumpulkan, menggunakan dan dapat membagikan Data anda.

2). Dengan Cara Apa Data Pribadi Anda Dikumpulkan?

Dari poin diatas data kita dikumpulkan berdasarkan kenginan Anda atau ketika Anda mengirimkannya melalui Apllikasi termasuk ketika mendaftar di aplikasi BiP.
 

3). Data Pribadi Mana yang dikumpulkan?


 -Identitas dan Rincian Kotak :
Nomor handphone, nama panggilan, avatar, operator GSM, bahkan password yang digunakan untuk mengamankan palikasi.

-Informasi Pengguna : Data teknis, jenis pesan (pesan teks, video, dll) yang dikirim (tanpa mengumpulkan informasi apapun tentang kontennya)

Dipoin ini BiP mengklaim bahwa tidak mengumpulkan data apapun terkait dengan konten komunikasi Anda yang dilakukan melalui apllikasi.

-Informasi dan Polling Personalisasi

-Data Lokasi

-Data Perangkat

-Data Cadangan

-Data Buku Alamat

 

4). Untuk Tujuan Apa Data Pribadi Anda diProses?


 Poin :
Data pribadi dapat diproses untuk tujuan hukum, pengembangan aplikasi, pengembangan bisnis, dan marketing.

 

5). Apa Dasar Hukum untuk Memproses Data Pribadi?


Dasar hukum yang digunakan BiP adalah Pasal 5 dan 6 Undang-Undang tentang Perlindungan Data Pribadi dan juga Pasal 6 GDPR (atau Undang-Undang Perlindungan Data lainnya). Mungkin ini Undang-Undang di Negara asal BiP.
 

6). Di mana Data Pribadi Disimpan dan Diproses?


 
Server BiP ada di Turki, jadi disimpannya dan diprosesnya di Turki. 

"Data terkait pengguna dapat ditransfer ke operator dan disimpan oleh operator". Jadi data Anda bisa ditransfer ke operator dan disimpan di servernya si operator.

 

7). Dengan Siapa dan Untuk Tujuan Apa Data Pribadi Dibagikan?

Poin : Bip dapat membagikan Data Pribadi kepada Penegak Hukum, Legislator dan Pihak lain karena alasan hukum. Ini demi menjaga keamanan BiP sendiri. 

Jika Anda mengaktifkan terjemahan otomatis, maka pesan yang Anda kirim akan dibagikan dengan penyedia layanan yaitu Microsoft dan Google. Jadi BiP tidak bertanggung jawab atas penyedia layanan pihak ketiga tersebut.

Note : jadi hati-hati bagi teman-teman yang mengaktifkan fitur translate otomatis

 

8). Hak Anda Mengenai Data Pribadi Anda

Pengguna aplikasi, sesuai dengan Pasal 11 Undang-undang tentang Perlindungan Data Pribadi, berhak untuk menggunakan hak-hak berikut:

• Untuk mengetahui apakah Data Pribadi mereka diproses atau tidak,

• Jika diproses, untuk meminta informasi dalam hal ini,

• Untuk mempelajari tujuan pemrosesan Data Pribadi dan untuk mengetahui apakah itu diproses berdasarkan tujuan ini,

• Untuk mengetahui pihak ketiga di dalam Turki atau di luar negeri kepada siapa Data Pribadi ditransfer,

• Untuk meminta Data Pribadi dikoreksi jika telah diproses secara tidak benar atau tidak benar,

• Agar Data Pribadi mereka dihapus atau dihancurkan dalam kerangka ketentuan yang ditetapkan dalam Pasal 7 Undang-Undang tentang Perlindungan Data Pribadi,

• Untuk meminta transaksi yang dilakukan sesuai dengan hak koreksi, penghapusan dan penghancuran yang ditunjukkan di atas untuk diinformasikan kepada pihak ketiga yang kepadanya Data Pribadi ditransfer,

• Untuk menolak pemrosesan Data Pribadi mereka secara eksklusif dengan cara otomatis,

• Untuk meminta ganti rugi atas kerusakan mereka menderita jika terjadi pemrosesan Data Pribadi mereka secara ilegal.
Selain hak yang disebutkan di atas, bergantung pada lokasinya, pengguna Aplikasi juga berhak untuk:

• Mempelajari apakah Data Pribadi mereka sedang diproses;

• Meminta informasi dan salinan jika Data Pribadi mereka telah diproses;

• Mempelajari tujuan pemrosesan Data Pribadi dan apakah ini diproses sesuai dengan tujuan tersebut;

• Mempelajari penerima pihak ketiga yang kepadanya Data Pribadi diungkapkan di dalam atau luar negeri,

• Meminta perbaikan, koreksi, atau pembatasan Data Pribadi yang diproses yang tidak lengkap atau tidak akurat,

• Penghapusan atau penghancuran data sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dinyatakan dalam Undang-Undang Perlindungan Data,

• Pemrosesan permintaan dibatasi jika bergantung pada persetujuan pengguna,

• Jika berlaku, meminta data pribadi mereka, yang mereka berikan ke BiP, ditransfer ke pengontrol data lain atau subjek data itu sendiri dalam struktur, yang umum digunakan dan format yang dapat dibaca mesin,

• Menolak pemrosesan data pribadi mereka

• Memberi tahu pihak ketiga kepada siapa Data Pribadi diungkapkan, tentang proses terkait perbaikan, penghapusan, dan penghancuran data,

• Menolak konsekuensi negatif tentang data tersebut yang disimpulkan sebagai hasil analisis Data Pribadi yang diproses hanya dengan cara otomatis, yang menghasilkan akibat hukum atau secara signifikan mempengaruhi mereka,

Untuk menggunakan salah satu hak Anda yang disebutkan di atas sehubungan dengan Data Pribadi Anda atau menggunakan hak portabilitas data Anda (jika berlaku), silakan hubungi kami menggunakan detail kontak yang ditetapkan di bagian "Hubungi Kami" di bawah. Untuk membantu Anda menemukan data yang ingin Anda gunakan dengan hak yang disebutkan di atas, berikan informasi sebanyak mungkin tentang data yang ingin Anda gunakan dengan hak Anda. Informasi yang diberikan harus gratis, kecuali permintaan tersebut jelas tidak berdasar atau tidak proporsional, dalam hal ini biaya yang wajar dapat diminta, atau permintaan tersebut dapat ditolak. Pengguna juga memiliki hak untuk mengajukan keluhan kepada otoritas pengawas setempat.

Atau, Anda dapat meneruskan pertanyaan dan permintaan Anda terkait Data Pribadi Anda melalui salah satu metode berikut:

(i) Setelah Anda mengunduh Formulir Aplikasi Data Pribadi (https://bip.com/form/kisisel-veri-basvuru.pdf) ke perangkat Anda, dengan mengisinya secara digital dan mengirim email ke bipiletisim@hs03.kep.tr alamat dari surat elektronik Anda yang terdaftar (KEP).

(ii) Setelah Anda mencetak Formulir Aplikasi Data Pribadi, dengan mengisi formulir secara tertulis dan mengirimkannya ke "BiP İletişim Teknolojileri ve Dijital Servisler A.Ş. Aydınevler Mahallesi İnönü Caddesi No: 20 Küçükyalı Ofis Park B Blok - Maltepe / İstanbul ”melalui notaris publik.

(iii) Kirim email ke kisiselverilerikoruma@bip.com menggunakan aplikasi Anda yang telah Anda siapkan sesuai dengan Comminuque on the Principles and Producers for the Request to Data Controller, dengan menggunakan alamat email Anda yang sebelumnya telah diberitahukan ke perusahaan melamar dan terdaftar dalam sistem perusahaan.


Diatas adalah poin-poin penting dari Kebijakan Privasi BiP Messaging. Jadi menurut mimin berdasarkan beberpa poin diatas BiP tidak jauh beda dengan Whatsapp yang membagikan data pribadi untuk tujuan komersial. Kembali lagi, keputusan ada pada teman-teman sendiri.

Semoga artikel ini bermanfaat, dan mohon maaf apabila ada kekurangan atau kesalahan kata. Dan mohon berikan komentar apabila ada masukan dari teman-teman. Trimakasih..

 

 

Posting Komentar

0 Komentar