Ticker

6/recent/ticker-posts

Hati-hati dengan Situs Abal-abal yang mengatasnamakan Prakerja

 


Hati-hati dengan Situs Abal-abal yang mengatasnamakan Prakerja


www.toekang.web.id - Pada saat pandemi sekarang banyak kali orang yang memanfaatkan keadaan dengan cara menipu, scam, phising, bahkan dengan mengatasnamakan program Pemerintah. Yang paling banyak saat ini adalah situs yang menggunakan nama Prakerja untuk mencuri data seseorang demi kepentingan pribadi atau kelompok.

Baik mimin ataupun teman teman pasti sering mendapatkan pesan baik dari WA Pribadi ataupun WA Group untuk melakukan pendaftaran ke situs yang mengatasnamakan program Prakerja. Mimin screenshot beberapa pesan WA Pribadi maupun Group yang mengajak mendaftar ke situs abal-abal tersebut :



Karena banyak yang share beginian jadi mimin mencoba menulis blog ini agar teman-teman tidak mudah tertipu dengan situs abal-abal baik yang mengatasnamakan dirinya Pemerintah ataupun Lembaga lainnya. Berikut perbedaan dari tampilan situs :

1). Situs Resmi
Situs resmi Prakerja adalah https://www.prakerja.go.id/ dengan tampilan sebagai berikut :



2). Situs Abal-abal atau Palsu
Berikut adalah tampilan situs abal-abal yang mimin dapat dari teman : 


Kalau dilihat dari segi tampilan beda jauh dengan situs aslinya. Mimin juga iseng mencoba mendaftar karena penasaran, berikut beberapa screenshotnya :

Pada tahap ini mimin mencoba mendaftar dengan klik Mengerti Dan Lanjutkan.


Selanjutnya mengisi Status Anda : Pencari kerja (disini ada pilihan lain seperti diPHK, Wirausaha, dll), Nama : jaka tingkir, No Handphone : 081234567890, kemudian mimin klik Lanjutkan.

Setelah itu kita diminta konfirmasi bahwa data yang dimasukkan sudah benar apa belum.


Setelah mimin klik Benar, mimin diminta ikuti beberapa langkah agar akunnya dapat diaktifkan. 

Teman-teman mimin juga pada nanya bagaimana membedakan situs resmi dengan situs abal-abal, berikut beberapa tips dari mimin :
1. Membedakan Situs
a. Situs Pemerintah menggunakan ekstensi .go.id / .gov

b. Situs Sekolah menggunakan ekstensi .sch.id / .sch

c. Situs Kampus menggunakan ekstensi .ac.id / .ac

d. Situs Militer menggunakan .mil.id / .mil

e. Situs Lembaga atau Organisasi menggunakan .or.id / .org

f. Situs Perusahaan menggunakan .co.id 

2. Tampilan Situs

Tampilan situs palsu dengan situs resmi jauh berbeda, situs resmi lebih elegan, sedap dipandang mata, sebagaimana seperti gambar yang sudah mimin tampilkan di atas.

3. Contoh :

a. Seperti kasus di atas adalah mengatasnamakan Program Prakerja dengan membuat situs abal-abal, jadi teman-teman harus hati-hati dan cari tahu. Karena Prakerja adalah situs pemerintah jadi secara otomatis akan menggunakan ekstensi .go.id bukan yang lain.

b. Ada situs yang mengatasnamakan dari TNI AD, ya teman-teman harus merujuk ke ektensi .mil.id, jadi situs resmi TNI AD adalah tniad.mil.id

Baik segitu dulu yah teman-teman semoga bermanfaat, sampai jumpa lagi dilain kesempatan.

 

 

Posting Komentar

0 Komentar